Kalender
September 2020
MSSR KJS
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27 282930   
Rekening
Rekening Nomer: 0285601541
Bank BNI Cabang UGM Yogyakarta
a,n : YAY. FLipMAS INDONESIA
Specimen : IR. GATOT MURJITO, MSc

Kesabaran Membuahkan Hasil dengan Program PertaminaFLip

Berita Prodikmas Lainnya

Diupload oleh : FW Batobo | Tanggal : 16-Jun-2015 | Dibaca : 2714 Kali

Setelah berakhirnya program Mitra Pertamina Penggerak Pembagunan Desa (MP3D) Kerjasama Pertamina dengan FLipMAS Batobo Wilayah Riau-Kepri pada tahun 2013, maka pada tahun 2014 fungsi PKBL Pertamina bersama-sama dengan FLipMAS Indonesia (FI) dan FLipMAS Wilayah (FW) melakukan evaluasi terhadap program MP3D secara menyeluruh, dari evaluasi yang dilakukan salah satu kesimpulannya adalah bahwa program MP3D masih bersifat parsial, oleh sebab itu FLipMAS Indonesia mengajukan suatu konsep yang bersifat integral kepada fungsi PKBL Pertamina yang pada akhirnya disepakati dengan nama Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) PertaminaFLip, dimana program ini memiliki kriteria diantaranya adalah lahannya harus marjinal, minimal lahan 5 Ha, dekat dengan sumber air, minimal Kepala Keluarga (KK) yang terlibat adalah 44 KK dan lain-lain.

Setelah adanya kesepakatan antara fungsi PKBL Pertamina dengan FI tentang model dan bentuk program yang akan diterapkan, maka FI menginstruksikan kepada 22 FW seluruh Indonesia untuk melakukan pencarian lokasi yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Dari survey yang dilakukan oleh tim FW Batobo ke beberapa Kabupaten di Riau dan Kepulauan Riau didapatkan yang memenuhi kriteria KEM ada dua yaitu Kelurahan Batubersurat, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar dan Desa Bantalan Kelurahan Sungai Perak, Kecamatan Seberang Tembilahan, Kabupaten Inderagiri Hilir. Semenjak di gaungkannya program KEM PertaminFLip awal tahun 2014, maka prodikmas dari berbagai FW melakukan sosialisasi dan pencarian data awal untuk menghitung Indek Pembangunan Manusia (IPM) dari masyarakat yang terlibat di dalam program KEM, yang mana IPM ini digunakan sebagai salah satu indikator keberhasilan program KEM.

Setelah dilakukan sosialisasi dan diskusi dengan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan KEM tentang program KEM yang akan dilakukan,maka dilakukan pembuatan proposal yang akan ditujukan ke PKBL Pertamina melalui seleksi dan  review oleh tim FLipMAS Indonesia. Ternyata keinginan yang menggebu-gebu dari prodikmas untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat tidak begitu saja dapat diwujudkan dengan segera, karena persetujuan terhadap program KEM PertaminaFLip oleh pihak PKBL Pertamina belum kunjung ada, walaupun waktu menunggu sudah hampir satu tahun. Tetapi dengan semangat tinggi dan kesabarannya prodikmas tetap berkomunikasi dengan masyarakat,walaupun program-program nyata belum dapat direalisasikan dengan baik. Ternyata apa yang sudah dijanjikan oleh Allah s.w.t. bahwa orang yang sabar itu akan mendapatkan pertolonganNya. Setelah melalui perjalanan administrasi yang cukup panjang, pada hari Rabu Tanggal 03 Desember 2014 ditandatangani kontrak kerjasama fungsi PKBL Pertamina dengan FLipMAS INDONESIA di Gedung Annex Lantai 8 Gambir Jakarta. Acara penandatanganan kontrak berlangsung sederhana penuh khidmad karena sesuai dengan misi KEM PertaminaFLip yang tidak menghadirkan keuntungan finansial bagi kedua pihak, semua tetes keringat dan uang ditujukan bagi kesentosaan masyarakat. Dari kontrak yang dilakukan ini Alhamdulillah dua KEM PertaminaFLip yang diusulkan oleh FLipMAS Batobo Wilayah Riau-Kepri disetujui yaitu KEM PertaminaFLip Kelurahan Batubersurat, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar dan Desa Bantalan Kelurahan Sungai Perak, Kecamatan Seberang Tembilahan, Kabupaten Inderagiri Hilir.

Bersambung.....